ShoutMix chat widget

Mau punya buku tamu seperti ini?
Klik di sini (Info Blog)

Sabtu, 19 Maret 2011

kabar venus hilang

Posted by Diien's Zone :) On 03.06 No comments

BANDUNG (Berita SuaraMedia) - Fenomena alam langka yaitu gerhana Venus bakal terjadi Minggu (16/5/2010) petang.
Menurut Kepala Observatorium Bosscha, Hakim M Malasan, peristiwa gerhana Venus cukup menarik dan baru akan terjadi pada 2050 mendatang.

"Ya mungkin hanya sekali seumur hidup," kata Hakim saat dihubungi wartawan.

Menurut Hakim, gerhana venus terjadi saat posisi bumi, bulan dan planet Venus berada sejajar.
Venus akan menghilang sesaat, karena tertutup bulan. Seolah-olah, saat itu Venus bergerak ke belakang bulan atau disebut para astronom dengan istilah okultasi.

"Dilihat dari bumi, bulan akan berbentuk bulan sabit karena baru berusia dua hari. Nantinya, Venus hilang dari ujung atas bulan sabit, kemudian muncul lagi dari ujung bawah bulan sabit," kata Hakim.

Hakim menambahkan, untuk Bandung, peristiwa tersebut bakal dimulai pukul 18.50 WIB dan berakhir sekitar pukul 19.30 WIB. Selama sekitar 30 menit, kata dia, planet Venus seolah-olah hilang dari orbit.
"Peristiwa ini bisa dilihat langsung oleh masyarakat dan tidak berbahaya," kata Hakim.

Sementara itu, Peneliti Utama Astronomi-Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin juga menambahkan, bahwa, "Kita bisa melihatnya minggu malam secara langsung kalau cuaca cerah,"

Ba'da (usai) Magrib, kata profesor riset ini, masyarakat bisa mengarahkan tatapannya ke langit bagian barat.  Saat itu akan terlihat 'bintang' terang atau bintang kejora. Venus akan terlihat di atas bulan sabit.

Prosesnya, lanjut Djamal, mirip gerhana Matahari,  di mana hanya wilayah tertentu saja yang dapat menyaksikan. "Kali ini  hanya Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.
Hanya bagian barat yang dapat menyaksikan lengkap, Kalimantan dan Sulawesi hanya menyaksikan awalnya, okultasi atau gerhana Venus memang mirip gerhana Matahari saat Matahari tertutup bulan," beber dia.

Djamal menuturkan, setidaknya  terdapat 61 kota yang bakal mengalami gerhana Venus ketika masa menghilang (dissapearance) dan 34 kota bakal menikmati ketika venus kembali terbit (appareance). (ar/ok/vs) www.suaramedia.com

0 komentar:

Posting Komentar