ShoutMix chat widget

Mau punya buku tamu seperti ini?
Klik di sini (Info Blog)

Sabtu, 19 Maret 2011

gerhana matahari cincin

Posted by Diien's Zone :) On 03.32 No comments

JAKARTA, RABU - Gerhana matahari akan terjadi besok pagi dan berlangsung antara pukul 08.38 hingga 13.11 WIB. Namun, peristiwa ini mungkin hanya disaksikan kawanan penguin karena terlihat dari kawasan Benua Antartika di Kutub Selatan saja.
Peristiwa tertutupnya Matahari oleh bayangan Bulan ini sebenarnya juga dapat disaksikan dari Selandia Baru dan Australia bagian tenggara. Namun, penduduk di kedua wilayah hanya dapat menyaksikan sebagian prosesnya saja.

Sementara di Antartika, proses terjadinya gerhana dapat disaksikan seluruhnya. Para ilmuwan dan pelancong yang sedang berada di ujung selatan Bumi mungkin menjadi saksi peristiwa alam ini, selain kawanan penguin.
Gerhana kali ini tidak akan membuat Antartika gelap gulita karena merupakan gerhana cincin. Matahari tidak tertutup sepenuhnya oleh bayangan bulan sehingga masih ada cincin cahaya dari bagian korona Matahari yang mengelilingi bayangan Bulan.
Hal tersebut dapat terjadi karena rasio antara jarak Bulan ke Bumi dan Matahari ke Bumi cukup besar. Sehingga bayangan Bulan yang tampak dari Bumi tidak cukup besar menutup bidang cahaya Matahari. Jarak Bumi dengan Bulan dan Matahari mengalami perubahan secara dinamis sepanjang tahun, kadang berada jarak paling dekat dan adakalanya paling jauh.
Gerhana Matahari total baru akan terjadi pada tanggal 1 Agustus 2008. Peristiwa ini akan terlihat dari Russia, Mongolia, dan China.

0 komentar:

Posting Komentar